Blogging

Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal

TemaNesia

Table of Contents

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal

Membuat daftar pustaka merupakan salah satu aspek krusial dalam penulisan karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, dan artikel jurnal. Daftar pustaka berfungsi sebagai etalase sumber informasi yang dirujuk dalam karya tulis, memberikan kredibilitas dan menunjukkan penguasaan penulis terhadap referensi yang relevan.

Bagi pemula, proses pembuatan daftar pustaka dari jurnal bisa terasa rumit dan membingungkan. Artikel ini hadir sebagai panduan lengkap dan informatif untuk membantu Anda menyusun daftar pustaka dengan mudah, rapi, dan sesuai standar.

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal

Ada 5 langkah yang harus disiapkan untuk Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal, langsung saja kelangkah yang pertama:

Siapkan Informasi yang Diperlukan

Siapkan Informasi yang Diperlukan: Kumpulkan informasi penting dari jurnal yang ingin Anda rujuk, meliputi:

  • Nama Penulis: Catat nama lengkap semua penulis, dengan urutan nama belakang di awal diikuti inisial nama depan. Contoh: Setiawan, A.D.
  • Tahun Terbit: Cari tahun terbit artikel jurnal, biasanya tercantum di halaman awal atau akhir. Contoh: 2020
  • Judul Artikel: Catat judul artikel jurnal secara lengkap dan perhatikan penggunaan huruf kapital serta tanda baca yang tepat. Contoh: Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Sektor Pendidikan di Indonesia
  • Nama Jurnal: Catat nama lengkap jurnal tempat artikel diterbitkan, dengan menggunakan huruf miring. Contoh: Jurnal Pendidikan Indonesia
  • Volume dan Nomor: Temukan volume dan nomor jurnal, biasanya dipisahkan dengan tanda koma. Contoh: 23(2)
  • Halaman: Catat rentang halaman artikel jurnal, dipisahkan dengan tanda hubung. Contoh: 214-223

Pilih Gaya Penulisan Daftar Pustaka

Beragam gaya penulisan daftar pustaka umum digunakan, seperti APA, MLA, dan Chicago. Masing-masing memiliki format dan aturan yang berbeda. Pilihlah gaya penulisan yang sesuai dengan ketentuan instansi atau jurnal yang dituju.

Susun Daftar Pustaka

Setelah menyiapkan informasi dan memilih gaya penulisan, susunlah daftar pustaka sesuai format yang ditentukan. Berikut contoh format daftar pustaka dengan gaya APA:

Penulis, Nama Belakang. (Tahun terbit). Judul artikel. _Nama Jurnal_, _Volume_(Nomor), Halaman-Halaman. Contoh: Setiawan, A.D. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Sektor Pendidikan di Indonesia. _Jurnal Pendidikan Indonesia_, _23_(2), 214-223.

Periksa Kembali Keakuratan:

Pastikan semua informasi dalam daftar pustaka sudah lengkap, akurat, dan sesuai dengan artikel jurnal yang dirujuk. Periksa kembali format penulisan dan tanda baca untuk memastikan konsistensi.

👉 Baca juga panduan cara menulis artikel.

Sumber Daya Tambahan

💡 Tips:

  • Manfaatkan aplikasi pengelola referensi seperti Mendeley atau Zotero untuk memudahkan proses pembuatan daftar pustaka.
  • Gunakan sumber daya online seperti panduan gaya dan contoh daftar pustaka yang tersedia di internet.
  • Jika masih ragu, konsultasikan dengan dosen, pembimbing, atau pustakawan untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Memahami Nuansa Gaya Penulisan:

Setiap gaya penulisan daftar pustaka memiliki karakteristik dan aturannya sendiri. Pelajari dengan cermat panduan gaya yang Anda pilih, perhatikan detail seperti penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan format penulisan nama penulis dan institusi.

Memanfaatkan Teknologi:

Gunakan aplikasi pengelola referensi seperti Mendeley atau Zotero untuk menghemat waktu dan tenaga. Aplikasi ini membantu Anda dalam mengorganisir sumber referensi, membuat kutipan, dan menghasilkan daftar pustaka secara otomatis.

Konsistensi adalah Kunci:

Pastikan format dan gaya penulisan daftar pustaka Anda konsisten sepanjang karya tulis. Hal ini menunjukkan ketelitian dan profesionalitas dalam pengerjaan karya ilmiah Anda.

Kesimpulan

Membuat daftar pustaka dari jurnal memang memerlukan ketelitian dan pemahaman tentang format penulisan yang benar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dan memperhatikan tips-tips yang diberikan, Anda dapat membuat daftar pustaka yang rapi, akurat, dan sesuai dengan gaya penulisan yang ditentukan.

FAQ

Kenapa daftar pustaka dari jurnal penting?

Daftar pustaka berfungsi untuk menunjukkan sumber informasi yang Anda gunakan dalam karya tulis, Memberikan kredibilitas pada karya tulis Anda, dan Memungkinkan pembaca untuk melacak dan mempelajari sumber referensi Anda.

Gaya penulisan daftar pustaka apa yang sebaiknya digunakan?

Gaya penulisan daftar pustaka yang Anda pilih tergantung pada ketentuan instansi atau jurnal yang dituju. Beberapa gaya penulisan yang umum digunakan adalah APA, MLA, dan Chicago.

Bolehkah saya mengarang informasi pada daftar pustaka?

Tidak! Daftar pustaka harus memuat informasi yang akurat dan sesuai dengan sumber yang Anda gunakan. Mengarang informasi merupakan tindakan plagiarisme.

Stay Updated!

Subcribe Mailchip

Leave a Comment

Layanan
TemaNesia

  • ChildTheme WordPress Tema Custom
  • Jasa Instal Plugin Resmi
  • Jasa CV Paypal ke Rupiah
  • Jasa Setup dan Instal VPS
  • Jasa Pembuatan Website

Related Posts